TUGAS 3 LINGUISTIK NAMA : ISRAMIA DEWI PUTRI M NIM: 1955041027
NAMA :
ISRAMIA DEWI PUTRI M
NIM : 1955041027
TUGAS : (3) LINGUISTIK
KELAS : (B) MAKASSAR
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
KEJUJURAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
KEJUJURAN
Dalam
suasana belajar mengajar di dalam kelas dan sedang dilakukan ulangan mendadak
serta mengumpulkan tugas.
Guru :
Anak - anak, silakan dikumpulkan tugas karya tulis minggu kemarin.
(kemudian satu persatu siswa naik mengumpulkan
tugas karya tulis masing-masing)
Guru : Karena ini merupakan tugas
perorangan, maka penilian akan dilakukan berdasarkan isi
dari karya tulis kalian. Oke, masukkan
buku kalian semua. Bapak akan mengadakan ulangan.
Reni : Hah, ulangan apa lagi pak? baru saja 2 hari
yang lalu diadakan ulangan
Guru : Rara, tolong dibagikan kertas folio ini ke
semua siswa.
Rara : baik
pak
(sambil berjalan membagikan kertas folio.
Suasana ruang kelas berubah menjadi gaduh karena setiap siswa mengeluh tentang
diadakannya ulangan mendadak ini)
Guru : pada ulangan kali ini, bapak ingin kalian
menulis ulang pokok-pokok dan kesimpulan dari karya tulis yang kalian buat.
(kemudian
siswa hening dan sibuk mengerjakan ulangan. Sedangkan pak guru sibuk memeriksa
tugas karya tulis yang tadi dikumpulkan. pak guru menemukan keanehan pada tugas
karya tulis milik Rara dimana isinya sama persis dengan karya tulis milik Rina.
Setelah 20 menit berlalu, kemudian kertas ulangan dikumpulkan)
Guru : baiklah yang lain bisa istirahat. Tolong
Rara dan Rina tetap disini, bapak mau bicara
(semua
siswa keluar ruang kelas kecuali Rara dan Rina)
Gur : bapak minta kalian berdua jujur kepada
bapak. Kenapa tugas kalian bisa sama
persis, bahkan titik dan komanya juga.
Rara : saya mengerjakan karya tulis itu sendiri
pak
Rina : saya juga mengerjakan karya tulis saya
sendiri
Gur : Lalu, Mengapa isi dari jawaban ulangan
kalian tadi tidak sama dengan isi karya tulis kalian?
(lama
Rara dan Rina terdiam, takut-takut untuk memulai bercara)
Guru :
kalau begitu, bapak anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak
mengikuti ulangan tadi.
Rina : maaf pak. Kalau saya jujur, apakah kalau
saya berkata jujur maka bapak akan
memaafkan saya?
Guru : tentu.
Rina : saya mendapatkan materi untuk tugas karya
tulis dari internet pak. Saya langsung copy paste dan tidak saya baca lagi.
Itulah mengapa ulangan tadi tidak sama dengan isi karya tulis saya
Guru : baiklah, alasan bisa bapak terima. trus kamu Rara?
Rara : saya
minta tolong Reni mengerjakan tugas karya tulis itu pak. Dan kelihatannya dia
mencari sumber dari internet.
Guru : kalau begitu tolong panggilkan Reni
Rara : baik pak
SPEAKING
S
: Setting and scene
Setting
waktu :
- Di
pagi hari
- Siang
hari
Setting
tempat :
- Kelas
- Warnet
Setting
suasana :
- Gaduh
-
Mengeluh
- Hening
- Takut
P
: Participant
- Guru
- Rara
- Reni
- Rina
E
: End
Tujuan
drama di atas adalah utamakanlah kejujuran di manapun dan kapanpun kalian
berada. Kejujuran adalah bagian dari harga diri yang harus di jaga karena
bernilai tinggi. Sikap jujur membuat hidup kita lebih tentram dan damai tanpa
ada tekanan dari luar maupun dari batin kita sendiri.
A
: Act Sequence
Orientasi
:
Dalam
suasana belajar mengajar. di dalam kelas dan sedang dilakukan ulangan mendadak
serta mengumpulkan tugas.
Komplikasi
:
Bapak
minta kalian berdua jujur kepada bapak. Kenapa
tugas kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya juga.
Klimaks
:
Baiklah
kalau begitu. Tugas karya tulis dan ulangan kalian bapak kembalikan. kalian
harus membuat karya tulis lagi dan dikumpulkan dalam 3 hari.
Resolation:
Akhir dari Drama di atas adalah kejujuran adalah kunci utama dalam segala hal. Maka dari itu kita harus selalu menerapkan sikap jujur terhadap orang lain.
Akhir dari Drama di atas adalah kejujuran adalah kunci utama dalam segala hal. Maka dari itu kita harus selalu menerapkan sikap jujur terhadap orang lain.
K
: Key
Nada
suara yang di gunakan oleh guru dalam drama tersebut cukup tinggi karena guru
tersebut memerintahkan siswanya yang kedua kalinya untuk mengerjakan tugas
karya tulis tersebut. Sedangkan nada suara yang digunakan siswa tersebut sangatlah rendah karena dia telah mengakui
segala perbuatannya.
I : Instrumentalities
Bahasa
yang di gunakan dalam drama tersebut menggunakan bahasa lisan. Guru yang
memerintahkan langsung kepada siswanya untuk mengerjakan tugas.
N
: Norms
Norma
yang terdapat dalam drama tersebut adalah norma susila. Karna guru tersebut
memerintahkan kepada siswanya agar berbuat jujur dalam mengerjakan tugas yang
di berikan.
G
: Genre
Genre atau bentuk penyampaian yang digunakan yaitu dalam bentuk narasi, yaitu dengan mengisahkan suatu cerita atau kejadian.
untuk watak tokoh nya bagaimana ya?
BalasHapus