TUGAS 3 LINGUISTIK NAMA : ISRAMIA DEWI PUTRI M NIM: 1955041027


NAMA      : ISRAMIA DEWI PUTRI M

NIM          : 1955041027


TUGAS       : (3) LINGUISTIK


 KELAS   : (B) MAKASSAR


UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 


                         KEJUJURAN


Dalam suasana belajar mengajar di dalam kelas dan sedang dilakukan ulangan mendadak serta mengumpulkan tugas.



Guru : Anak - anak, silakan dikumpulkan tugas karya tulis minggu kemarin.



 (kemudian satu persatu siswa naik mengumpulkan tugas karya tulis masing-masing)



Guru : Karena ini merupakan tugas perorangan, maka penilian akan dilakukan berdasarkan isi dari karya tulis kalian. Oke, masukkan  buku kalian semua. Bapak akan mengadakan ulangan.



Reni  : Hah, ulangan apa lagi pak? baru saja 2 hari yang lalu diadakan ulangan



Guru  : Rara, tolong dibagikan kertas folio ini ke semua siswa.



Rara   : baik pak



 (sambil berjalan membagikan kertas folio. Suasana ruang kelas berubah menjadi gaduh karena setiap siswa mengeluh tentang diadakannya ulangan mendadak ini)



Guru   : pada ulangan kali ini, bapak ingin kalian menulis ulang pokok-pokok dan kesimpulan dari karya tulis yang kalian buat.



(kemudian siswa hening dan sibuk mengerjakan ulangan. Sedangkan pak guru sibuk memeriksa tugas karya tulis yang tadi dikumpulkan. pak guru menemukan keanehan pada tugas karya tulis milik Rara dimana isinya sama persis dengan karya tulis milik Rina. Setelah 20 menit berlalu, kemudian kertas ulangan dikumpulkan)



Guru    : baiklah yang lain bisa istirahat. Tolong Rara dan Rina tetap disini, bapak mau bicara



(semua siswa keluar ruang kelas kecuali Rara dan Rina)



Gur  : bapak minta kalian berdua jujur kepada bapak. Kenapa  tugas kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya juga.



Rara  : saya mengerjakan karya tulis itu sendiri pak



Rina  : saya juga mengerjakan karya tulis saya sendiri



Gur  : Lalu, Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tadi tidak sama dengan isi karya tulis kalian?



(lama Rara dan Rina terdiam, takut-takut untuk memulai bercara)



Guru : kalau begitu, bapak anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.



Rina  : maaf pak. Kalau saya jujur, apakah kalau saya berkata jujur maka bapak  akan memaafkan saya?



Guru  : tentu.



Rina  : saya mendapatkan materi untuk tugas karya tulis dari internet pak. Saya langsung copy paste dan tidak saya baca lagi. Itulah mengapa ulangan tadi tidak sama dengan isi karya tulis saya



Guru  : baiklah, alasan bisa bapak terima.  trus kamu Rara?

                                                                                                                                                                                          

Rara   : saya minta tolong Reni mengerjakan tugas karya tulis itu pak. Dan kelihatannya dia mencari sumber dari internet.



Guru  : kalau begitu tolong panggilkan Reni



Rara  : baik pak



SPEAKING



S : Setting and scene

Setting waktu :

- Di pagi hari

- Siang hari



Setting tempat :

- Kelas

- Warnet



Setting suasana :

- Gaduh

- Mengeluh

- Hening

- Takut



P : Participant

- Guru

- Rara

- Reni

- Rina





E : End

Tujuan drama di atas adalah utamakanlah kejujuran di manapun dan kapanpun kalian berada. Kejujuran adalah bagian dari harga diri yang harus di jaga karena bernilai tinggi. Sikap jujur membuat hidup kita lebih tentram dan damai tanpa ada tekanan dari luar maupun dari batin kita sendiri.



A : Act Sequence



Orientasi :

Dalam suasana belajar mengajar. di dalam kelas dan sedang dilakukan ulangan mendadak serta mengumpulkan tugas.



Komplikasi :

Bapak minta kalian berdua jujur kepada bapak. Kenapa  tugas kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya juga.



​Klimaks :

Baiklah kalau begitu. Tugas karya tulis dan ulangan kalian bapak kembalikan. kalian harus membuat karya tulis lagi dan dikumpulkan dalam 3 hari.

Resolation:

Akhir dari Drama di atas adalah kejujuran adalah kunci utama dalam segala hal. Maka dari itu kita harus selalu menerapkan sikap jujur terhadap orang lain.





K : Key

Nada suara yang di gunakan oleh guru dalam drama tersebut cukup tinggi karena guru tersebut memerintahkan siswanya yang kedua kalinya untuk mengerjakan tugas karya tulis tersebut. Sedangkan nada suara yang digunakan siswa tersebut  sangatlah rendah karena dia telah mengakui segala perbuatannya.



 I : Instrumentalities

Bahasa yang di gunakan dalam drama tersebut menggunakan bahasa lisan. Guru yang memerintahkan langsung kepada siswanya untuk mengerjakan tugas.



N : Norms

Norma yang terdapat dalam drama tersebut adalah norma susila. Karna guru tersebut memerintahkan kepada siswanya agar berbuat jujur dalam mengerjakan tugas yang di berikan.



G : Genre

Genre atau bentuk penyampaian yang digunakan yaitu dalam bentuk narasi, yaitu dengan mengisahkan suatu cerita atau kejadian.










Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT UCAP PADA MANUSIA.

Modus, Aspek, Kala, Modalitas, Fokus beserta contohnya dalam bahasa Makassar

tugas ke 4 (Klasifikasi Bunyi)